Analisis Persaingan Usaha Tidak Sehat di Era Bisnis Berbasis Digital

Authors

  • Tritami Meldasari Fakultas Hukum, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia Author
  • Hasbuddin Khalid Fakultas Hukum, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia Author
  • Mohammad Arief Fakultas Hukum, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia Author

Keywords:

Peran, BPOM, Perlindungan, Konsumen, Skincare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran BPOM Kota Makassar 
dalam perlindungan konsumen terhadap produk skincare yang mengandung merkuri. Dan 
untuk mengetahui dan menganalisis tindakan hukum yang diambil oleh BPOM Kota 
Makassar terhadap produk skincare yang tidak memenuhi standar mutu. Tipe penelitian ini 
menggunakan metode penelitian hukum empiris, yaitu penelitian dengan adanya data-data 
lapangan sebagai sumber data utama, seperti hasil wawancara dan observasi. Hasil 
penelitian ini menyatakan (1) Peran BPOM dalam memberikan perlindungan konsumen 
terhadap peredaran produk skincare yang mengandung merkuri dengan cara memantau dan 
mengawasi peredaran produk skincare di pasaran agar tidak mengandung bahan berbahaya, 
melaksanakan pengawasan pre market, melaksanakan pengawasan post market, dan 
melakukan inspeksi terhadap produk skincare yang beredar di pasaran. (2) Tindakan hukum 
yang diambil BPOM terhadap produk skincare yang tidak memenuhi standar mutu adalah 
saksi administrasi dan saksi pidana. Sebagai rekomendasi, (1) Pemerintah perlu melakukan 
pengawasan yang lebih ketat sehingga masyarakat sebagai konsumen bisa lebih terlindungi 
dari akibat penggunaan kosmetik yang tidak mempunyai izin edar dari BPOM. (2) Harus ada 
kerjasama yang baik antara Pemerintah, BPOM, serta aparat penegak hukum dalam upaya 
melindungi konsumen terhadap peredaran kosmetika yang tidak memenuhi standar 
pengawasan secara rutin kepada produsen dan pelaku usaha serta diadakannya penyuluhan 
kepada masyarakat agar masyarakat sadar.  

Downloads

Published

2025-09-26

How to Cite

Analisis Persaingan Usaha Tidak Sehat di Era Bisnis Berbasis Digital. (2025). LEGAL DIALOGICA, 1(1). https://jurnal.fh.umi.ac.id/index.php/legal/article/view/1688